Model Tata Kelola Layanan Sistem Informasi Akademik UNU Lampung menggunakan Integrasi COBIT 5 dan ITIL V3

Authors

  • Matsna Nurul Kholidah
  • Misfa Susanto
  • Mardiana

DOI:

https://doi.org/10.23960/prosidingsinta.v5i.91

Keywords:

Teknologi Informasi , Sistem Informasi Akademik , Capability Level , COBIT 5, ITIL V3

Abstract

Layanan teknologi informasi akademik yang dikelola oleh UNU Lampung selalu mengalami perubahan secara berkala. Hal ini menjadi alasan bahwa UNU Lampung harus secara berkala melakukan proses monitoring, pengelolaan dan evaluasi  tingkat kesiapan layanan TI. Hal tersebut harus didasari dengan adanya manajemen tata kelola TI yang baik. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut proses pemantauan dan pengelolaan teknologi informasi berupa penilaian tingkat kapabilitas layanan TI  UNU Lampung berdasarkan standar layanan TI dengan menggunakan COBIT 5 dan ITIL V3 sebagai kerangka acuan untuk melakukan evaluasi layanan TI. Setelah dilakukan pemetaan antara framework COBIT 5 dan ITIL V3 dihasilkan 2 domain yang dapat diintegrasikan yaitu EDM04 yang berhubungan dengan Demand Management dan APO01 yang berhubungan dengan The Seven-step Improvement Process. 2 domain yang telah didapatkan selanjutnya dilakukan pengumpulan data dan penentuan responden melalui RACI Chart COBIT 5. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan PAM dan dibuat rekomendasi perbaikan berdasarkan integrasi COBIT 5 dan ITIL V3.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-16

Issue

Section

Articles