Perancangan UI/UX Gamifikasi Aplikasi RP Jual-Beli Sampah Menggunakan Metoda Design Sprint
Keywords:
Aplikasi mobile , Sampah , Gamifikasi , Design Sprint , UI/UXAbstract
Sampah telah menjadi permasalahan masyarakat secara nasional. Kendala dalam
mengatasi permasalahan sampah adalah pada rendahnya pemahaman, motivasi dan
tingkat partisipasi masyarakat untuk ikut mengelola sampah. Padahal dengan
menggunakan prosedur yang tepat dan pemanfaatan teknologi yang sesuai, sampah
bukan hanya dapat dikendalikan agar tidak terus menimbun dan menganggu tapi juga
sampah dapat menjadi uang ataupun barang yang bernilai jual. Gamifikasi banyak
digunakan untuk layanan, sistem dan aplikasi yang dapat memotivasi dan
mempengaruhi prilaku penggunanya. Teknologi permainan dikembangkan dalam
bentuk elemen permainan yaitu poin, level, papan peringkat, diterapkan pada aplikasi
mobile untuk membuat sistem lebih menarik dan meningkatkan minat pengguna.
Berdasarkan masalah tersebut maka konsep gamifikasi dalam aplikasi berkaitan
dengan sampah merupakan solusi yang tepat sebagai salah satu cara memotivasi
sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai sampah dan pengelolaannya. Penelitian
ini bertujuan untuk merancang UI/UX Gamifikasi Aplikasi RP Jual-Beli Sampah.
Metoda penelitian menggunakan metode Design Sprint yang melewati 6 tahapan yaitu
Understand, Define, Diverge, Decide, Prototype, Validate. Hasil yang diperoleh
berupa perancangan UI/UX fitur gamifikasi berdasarkan solution idea yang
dikembangkan dari how might we, sehingga menjaditiga rancangan fitur utama yaitu
fitur poin dan level, leaderboard, dan penukaran hadiah serta tiga rancangan fitur
tambahan yaitu pengaturan privasi dan kuis.