Kajian Peningkatan Efektifitas Sirkulasi Pergerakan Kendaraan Umum Pada Terminal Rajabasa Tipe A
DOI:
https://doi.org/10.23960/prosidingsinta.v5i.89Abstract
Provinsi Lampung memiliki terminal sebagai pusat transportasi darat yakni Terminal Rajabasa yang sudah beroperasi sejak tahun 1984 hingga sekarang. Ketersediaan terminal rajabasa sebagai sarana fasilitas transportasi sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat Lampung. Tetapi kini Terminal Rajabasa terlihat kurang beroperasi secara maksimal, hal ini dapat dikatakan terjadi karena banyak faktor seperti dari segi sirkulasi perkerakan kendaraan yang beroperasi disana, penumpang, dan pejalan kaki. Penelitian ini menganalisis pergerakan kendaraan dan membuat simulasi baru dengan perbandingan sirkulasi konvensional terminal. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif, statistik dan komparatif. Jumlah penumpang menurun mengakibatkan jumlah kendaraan ikut menurun. Sebelum pandemic covid-19 jumlah penumpang sudah menurun diakibatkan oleh adanya akses jalan tol yang memungkinkan bagi para pengguna jasa angkutan umum bus menggunakan atau membawa kendaraan pribadi. Ketika hari libur (weekend) dan hari kerja (weekdays) dapat terlihat perbedaan pada kedatangan, dikarenakan ketika weekend lebih ramai penumpang dari luar kota dibandingkan dengan hari lainnya. Sedangkan ketika weekdays kedatangan lebih sedikit dikarenakan penumpang yang dating ke rajabasa tidak sebanyak hari libur.